Projeto Prancha Ecológica

Sebagai seorang peselancar, kita harus selalu menjaga kebersihan pantai dan mengurangi polusi. Namun, para peselancar di Brasil tidak hanya mengeluh tentang masalah ini, mereka pun mencari solusi untuk mengatasi permasalahan polusi pantai. Salah satu solusi yang dihasilkan adalah dengan memanfaatkan botol plastik bekas menjadi alat selancar yang inovatif.

Proyek yang dikenal dengan “Projeto Prancha Ecológica” ini dimulai pada tahun 2007 oleh dua peselancar Brasil, yaitu Jairo Lumertz dan Carolina Scorsin. Tujuannya adalah untuk meningkatkan kesadaran lingkungan pada anak-anak di Brasil melalui olahraga selancar yang terhubung erat dengan alam. Selain itu, proyek ini juga bertujuan untuk mengurangi polusi pantai yang disebabkan oleh botol plastik bekas.

Cara yang dipilih untuk membuat alat selancar dari botol plastik ini cukup sederhana. Botol plastik bekas yang ditemukan di pantai diolah terlebih dahulu, lalu dihubungkan dengan pipa PVC dan lem. Setiap papan selancar membutuhkan sekitar 40 sampai 50 botol plastik.

Tidak hanya dapat mengurangi polusi pantai, alat selancar dari botol plastik ini juga memiliki keunggulan dari segi biaya. Biaya untuk membuat alat selancar dari botol plastik jauh lebih murah dibandingkan dengan alat selancar konvensional yang terbuat dari bahan-bahan mahal.

Proyek “Projeto Prancha Ecológica” ini sudah menyebar ke seluruh pantai di Brasil dan memiliki harapan untuk menyebar ke seluruh dunia. 

* seluruh gambar diambil dari situs: artsurfcamp.com

Tagged in: