7 Kebiasaan Sederhana Mengurangi Sampah Plastik

7

7 Kebiasaan Sederhana Mengurangi Sampah Plastik

Plastik telah menjadi bagian integral dari kehidupan modern kita. Mulai dari bungkus makanan, botol air, hingga peralatan dapur, banyak produk yang menggunakan plastik sebagai bahan utama. Namun, semakin banyaknya penggunaan plastik juga berdampak buruk bagi lingkungan kita. Sampah plastik sulit terurai, mencemari tanah dan terkadang berakhir di laut, mengancam kesehatan dan keberlangsungan hidup makhluk laut dan bahkan berdampak pada kesehatan manusia. Oleh karena itu, kita harus memikirkan cara untuk mengurangi penggunaan produk bahan plastik dalam kehidupan sehari-hari. 

Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang dapat kita terapkan:

1. Hindari Menggunakan Sedotan Plastik

Sedotan plastik merupakan salah satu produk plastik yang paling umum dan menjadi penyebab utama sampah plastik di lautan. Oleh karena itu, sebaiknya kita menghindari menggunakan sedotan plastik. Kita juga dapat minum langsung dari gelas atau botol tanpa menggunakan sedotan.

2. Gunakan EcoBag

Kita seringkali membawa banyak barang saat berbelanja dan membeli produk kemasan plastik. Untuk mengurangi penggunaan kantong plastik sekali pakai, kita dapat membawa eco bag yang dapat digunakan berulang kali saat berbelanja. Eco bag terbuat dari bahan yang ramah lingkungan dan dapat digunakan berulang kali.

3. Bawa Tempat Makan Sendiri

Saat makan di luar, kita seringkali diberi wadah makanan dari plastik sekali pakai. Untuk mengurangi penggunaan plastik, kita bisa membawa tempat makan sendiri. Selain itu, kita juga bisa membawa sendok dan garpu sendiri untuk menghindari penggunaan alat makan plastik.

4. Bawa Tempat Minuman Sendiri

Sama seperti tempat makan, kita juga dapat membawa tempat minum sendiri. Ini dapat membantu mengurangi penggunaan botol air plastik sekali pakai yang umumnya digunakan saat bepergian.

5. Gunakan Sabun Batang

Sabun cair seringkali dikemas dalam botol plastik. Untuk mengurangi penggunaan plastik, kita dapat beralih ke sabun batang yang dapat digunakan berulang kali. Selain itu, sabun batang juga lebih ramah lingkungan karena tidak menghasilkan limbah plastik.

6. Hindari Produk Kemasan Plastik

Banyak produk yang dikemas dengan plastik sekali pakai, seperti makanan ringan dan minuman. Untuk mengurangi penggunaan plastik, kita dapat memilih produk yang dikemas dengan bahan lain seperti kertas atau karton. Selain itu, kita juga dapat membeli produk dalam kemasan yang lebih besar agar mengurangi jumlah sampah plastik yang dihasilkan.

7. Kurangi Penggunaan Plastik di Dapur

Banyak produk plastik yang digunakan di dapur, seperti plastik cling wrap atau wadah makanan plastik. Untuk mengurangi penggunaan plastik di dapur, kita dapat menggunakan wadah makanan yang terbuat dari bahan lain seperti kaca atau stainless steel. Selain itu, kita juga dapat menggunakan kain lembab untuk menggantikan plastik cling wrap.

Melakukan hal-hal kecil ini bisa membantu kita mengurangi penggunaan produk bahan plastik dan menjaga kebersihan lingkungan kita. Jangan lupa, setiap tindakan kecil yang kita lakukan dapat berdampak besar pada lingkungan. Mari kita mulai dari hal-hal sederhana ini dan terus mendorong perubahan positif di lingkungan kita.

Mari bersama-sama mengubah kebiasaan dan membiasakan hidup dengan mengurangi penggunaan produk bahan plastik.

Referensi terkait:

About the author

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular Post

Categories

Arsip Tulisan