Seni merupakan ekspresi manusia yang dihasilkan dari imajinasi dan kreativitasnya. Namun, seni juga dapat memiliki tujuan yang lebih tinggi seperti memberikan pesan dan menciptakan kesadaran akan masalah lingkungan. Hal inilah yang mendasari Rodrigo Garcia dan Maciej Siuda, dua seniman asal Spanyol dan Polandia, membuat karya seni dari limbah botol plastik bekas yang mereka beri nama Devebere. Ini menjadi salah satu dari sekian banyak karya seni yang memanfaatkan limbah botol plastik, seperti sebelumnya telah kita ungkap karya seni berupa ikan raksasa di Rio de Janeiro.

Karya seni botol plastik Devebere

Apa yang mendasari seniman tersebut membuat karya seni dari limbah botol plastik?

Dalam era modern, masalah lingkungan semakin menjadi perhatian dunia. Salah satunya adalah masalah limbah plastik yang semakin menumpuk dan merusak lingkungan. Garcia dan Siuda memilih botol plastik bekas sebagai media karya seni mereka karena ingin mengurangi jumlah sampah plastik yang dibuang ke lingkungan.

Mereka menempatkan karya seni botol plastik itu dimana?

Karya seni Devebere dipamerkan di BWA Kielce pada tahun 2017 dan menjadi daya tarik bagi pengunjung galeri seni tersebut. Karya seni ini memberikan kesan yang kuat tentang keindahan dan keunikan yang bisa dihasilkan dari bahan limbah seperti botol plastik bekas.

Sementara karya seni botol plastik Garcia dan Siuda yang lainnya telah dipamerkan di banyak tempat di seluruh dunia, termasuk di museum seni dan galeri. Mereka juga telah memamerkan karya mereka di acara-acara dan festival seni internasional, seperti Festival Seni dan Budaya Kota Meksiko dan Festival Internasional Seni Lucerne.

Bentuk apa saja yang mereka buat saat itu?

Garcia dan Siuda telah menciptakan berbagai karya seni dari botol plastik bekas yang berbeda bentuk dan ukurannya. Beberapa karya seni mereka adalah patung, instalasi, dan seni rupa. Mereka juga menciptakan karya seni yang dapat diinteraksi dengan penonton, seperti panel interaktif yang mengubah cahaya dan warna ketika penonton melewatinya.

Sementara karya seni botol plastik Devebere ini menggunakan teknik dan gaya yang berbeda, termasuk bentuk geometris dan organik yang dipasang secara berbeda-beda untuk menciptakan efek visual yang menarik. Mereka juga menggunakan cahaya untuk memberikan efek yang menarik pada karya seni mereka.

Bagaimana mereka membuatnya?

Proses pembuatan karya seni botol plastik Garcia dan Siuda dimulai dengan pengumpulan botol plastik bekas dari berbagai sumber, seperti tempat sampah dan daur ulang. Botol plastik kemudian dibersihkan dan dipotong menjadi ukuran yang dibutuhkan. Selanjutnya, botol plastik ditempatkan secara hati-hati dan teratur untuk membentuk karya seni yang diinginkan.

Karya seni Devebere menjadi simbol dari bagaimana bahan limbah bisa diubah menjadi sesuatu yang indah dan bermanfaat.

Galeri karya seni “Devebere” dari botol plastik 

Karya seni botol plastik Devebere 1

Karya seni botol plastik Devebere 2

Karya seni botol plastik Devebere 3

Karya seni botol plastik Devebere 4

Karya seni botol plastik Devebere 5

Karya seni botol plastik Devebere 6

Karya seni botol plastik Devebere 7

Karya seni botol plastik Devebere 8

Karya seni botol plastik Devebere 9

Tagged in:

,