Cara Membuat Laci Kecil dari Bahan Kaleng Bekas

C

Bagaimana cara membuat laci kecil dengan menggunakan bahan-bahan yang dapat ditemukan di sekitar kita, seperti kaleng susu bekas atau kaleng minuman ringan. Anda bisa pula mengimplementasikan menggunakan botol plastik bekas. Ini adalah proyek DIY yang menyenangkan dan dapat memberikan manfaat bagi Anda untuk menyimpan barang-barang kecil yang biasanya berserakan di sekitar rumah.

laci kecil dari kaleng bekas

Bahan yang digunakan:

  • Kotak susu bekas
  • Karton bekas (ukuran sedang)
  • Kertas kado
  • Double tape/lem
  • Gunting
  • Bolpoin kosong

Langkah proses pembuatan laci kecil 

Langkah pembuatan laci kecil 1

1. Buka sambungan dari kotak susu, lalu buat kotak dengan ukuran 5x5x7,5 cm.

Langkah pembuatan laci kecil 2

Langkah pembuatan laci kecil 3

Langkah pembuatan laci kecil 5

2. Potong karton sesuai ukuran yang diinginkan. Untuk memudahkan proses, tekan karton dengan bolpoin kosong mengikuti garis yang telah diukur, lalu gunting pada bagian yang diperlukan.

3. Beri double tape/lem pada bagian tertentu pada karton dan rekatkan ke sebelahnya hingga membentuk kotak/laci. Buat dua laci lagi.

Langkah pembuatan laci kecil 6

4. Buat karton bundar dengan ukuran lingkaran kaleng, lalu gunting. Beri lem pada salah satu permukaan karton dan tempelkan pada kertas kado. Setelah kering, rapikan sisa kertas kado dengan gunting. Lakukan hal yang sama pada karton bundar yang lainnya.

5. Potong kertas kado dengan ukuran 7,5×18 cm sebanyak tiga lembar untuk bagian luar laci. Untuk bagian dalam laci, potong kertas kado dengan ukuran 14×16,5 cm dan gunting sesuai gambar.

Langkah pembuatan laci kecil

6. Beri lem di seluruh permukaan bagian luar laci pada bagian dasar dan kedua sisi panjangnya saja. Tempelkan kertas kadonya dengan ukuran 7,5×18 cm dan lipat-lipat kertas kado untuk bagian dalam laci seperti gambar di bawah. Tempelkan ke dalam lacinya.

7. Beri lem pada permukaan bagian depan laci. Tempelkan pada bagian belakang karton bundar tepat di tengah-tengah.

Langkah pembuatan laci kecil

8. Siapkan potongan karton dengan ukuran 1×6 cm sebanyak tiga buah untuk handle laci dan kertas kado dengan ukuran 2,5×7,5 cm sebanyak tiga buah. Lipat kedua ujung karton masing-masing selebar 1 cm. Tempelkan kertas kadonya pada handle seperti gambar dengan lem. Setelah kering, lekukkan handle dengan bantuan bolpoin dan lipat lagi kedua ujung handle ini.

Langkah pembuatan laci kecil

9. Tempelkan handle dengan lem pada laci.

10. Bungkus dinding kaleng dengan kertas kado ukuran 7,5×24 cm dengan menggunakan double tape pada ke-2 bagian lebar/tinggi kertas kadonya saja.

Langkah pembuatan laci kecil

11. Tambahkan pembatas karton yang dibungkus kertas kado sepanjang tinggi kaleng pada waktu kaleng ditempelkan dengan kaleng yang lain untuk menghindari celah di antara kaleng.

12. Setelah diberi pembatas, tempelkan laci-laci yang sudah jadi ke dalam kaleng susu bekas.

Langkah pembuatan laci kecil

Langkah pembuatan laci kecil

Laci kecil yang dibuat dari kaleng susu bekas siap digunakan untuk menyimpan barang-barang kecil seperti pensil, gunting, atau benda-benda kecil lainnya.

Dengan menggunakan kaleng susu bekas atau kaleng bekas minuman ringan, Anda dapat membuat laci kecil yang berguna untuk menyimpan barang-barang kecil di sekitar rumah Anda. Selain itu, dengan membuat laci kecil ini, Anda juga dapat mengurangi sampah dan memberikan manfaat bagi lingkungan. 

Bila anda tertarik dengan artikel membuat tempat penyimpanan model katak dari bahan botol plastik bisa membacanya. Semoga tutorial DIY ini dapat membantu Anda dalam membuat laci kecil yang kreatif dan bermanfaat!

Informasi tambahan:

Artikel ini dibuat berdasarkan karya DIY dari ibu Ati Sari

Last updated:

10 Maret 2023

Referensi terkait:

About the author

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular Post

Categories

Arsip Tulisan