Lomba Perahu dari Botol Bekas ala Darwin

L

Penampakan perahu boat yang terbuat dari bahan botol plastik membuat Pantai Mindil, Darwin, Australia nampak berbeda dari hari biasanya. Ternyata mereka tengah menggelar perayaan lomba perahu boat yang telah diadakan sejak tahun 1974. Syarat wajib perlombaan yakni bahan dasar perahu harus dari botol plastik.

perahu botol plastik

Sejak itu jenis kegiatan ini menjadi tren yang semakin populer di seluruh dunia. Selain karena biaya produksinya yang murah, cara ini juga dianggap sebagai salah satu upaya untuk mengurangi jumlah sampah plastik di lingkungan kita.

Cara membuat perahu botol plastik ini relatif mudah. 

  • Pertama, botol plastik bekas dikumpulkan dan dicuci bersih. 
  • Kemudian, botol-botol ini disusun dan diikat bersama-sama menggunakan tali atau perekat untuk membentuk bentuk perahu. 
  • Setelah itu, perahu ini bisa dihias atau diwarnai sesuai dengan selera masing-masing.

Perlombaan boat atau perahu botol plastik bekas sengaja digelar untuk meningkatkan minat masyarakat akan kepedulian terhadap lingkungan. Perlombaan semacam ini bisa menjadi salah satu cara yang menyenangkan dan edukatif untuk menarik perhatian masyarakat tentang pentingnya menjaga lingkungan. Selain itu, dengan mengikuti perlombaan ini, peserta akan diajarkan tentang bagaimana cara mengurangi sampah plastik di lingkungan sekitar.

Daftar perlombaan perahu botol plastik bekas yang pernah diadakan di beberapa negara

1. The Great Pacific Race, Amerika Serikat (2014)

Perlombaan ini dimulai di Monterey, California dan berakhir di Honolulu, Hawaii. Peserta perlombaan ini berusaha menyeberangi Samudera Pasifik menggunakan perahu botol plastik yang telah didaur ulang.

2. Botol Plastic Boat Race, New Zealand (2015)

Botol Plastic Boat Race adalah perlombaan perahu botol plastik bekas yang diadakan di New Zealand pada tahun 2015. Perlombaan ini menantang peserta untuk membuat perahu dari botol plastik bekas dan membalapkan perahu tersebut di perairan terbuka.

3. Bottle Boat Challenge, Inggris (2016)

Bottle Boat Challenge adalah perlombaan perahu botol plastik bekas yang diadakan di Inggris pada tahun 2016. Perlombaan ini menantang peserta untuk membuat perahu dari botol plastik bekas dan membalapkan perahu tersebut di kolam renang atau danau.

4. Auckland Anniversary Day Regatta, Selandia Baru (2016)

Auckland Anniversary Day Regatta adalah perlombaan tahunan yang diadakan di Selandia Baru untuk memperingati hari jadi Auckland. Pada tahun 2016, dalam rangka merayakan 175 tahun Auckland, sebuah lomba perahu botol plastik bekas diadakan sebagai bagian dari acara. Peserta diharuskan membuat perahu botol plastik dengan jumlah botol tertentu dan menggunakan perahu tersebut untuk berkompetisi.

5. Recycled Raft Regatta, Amerika Serikat (2017)

Recycled Raft Regatta adalah perlombaan perahu botol plastik bekas yang diadakan di Amerika Serikat pada tahun 2017. Perlombaan ini menantang peserta untuk membuat perahu dari bahan-bahan daur ulang, termasuk botol plastik bekas. Peserta diharuskan membalapkan perahu mereka di sungai atau danau.

6. Raft Race, Inggris (2017)

Raft Race adalah perlombaan tahunan yang diadakan di Inggris untuk mengumpulkan dana bagi badan amal. Pada tahun 2017, sebuah lomba perahu botol plastik bekas diadakan sebagai bagian dari acara. Peserta diharuskan membuat perahu botol plastik dengan jumlah botol tertentu dan menggunakan perahu tersebut untuk berkompetisi di atas sungai.

7. Eco-raft Race, Spanyol (2018)

Eco-raft Race adalah perlombaan perahu botol plastik bekas yang diadakan di Spanyol pada tahun 2018. Perlombaan ini diadakan oleh Asosiasi Pemuda Guadiana dan bertujuan untuk mempromosikan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat setempat. Peserta diharuskan membuat perahu botol plastik yang dapat digunakan untuk berlayar di atas air.

8. Plastic Bottle Boat Race, Inggris (2018)

Plastic Bottle Boat Race adalah perlombaan perahu botol plastik bekas yang diadakan di Inggris pada tahun 2018. Perlombaan ini diselenggarakan oleh Universitas Exeter dan menarik peserta dari berbagai komunitas dan sekolah di Inggris. Peserta diharuskan untuk membuat perahu botol plastik yang dapat digunakan untuk balapan di kolam renang.

9. Eco-rafting Competition, Thailand (2018)

Eco-rafting Competition adalah perlombaan perahu botol plastik bekas yang diadakan di Thailand pada tahun 2018. Perlombaan ini dimaksudkan untuk mempromosikan kesadaran lingkungan dan kegiatan daur ulang di kalangan masyarakat Thailand. Peserta diharuskan membuat perahu botol plastik dan menyeberangi sungai dengan perahu tersebut.

10. Bataan Eco Adventure Race, Filipina (2019)

Bataan Eco Adventure Race adalah perlombaan perahu botol plastik bekas yang diadakan di Filipina pada tahun 2019. Perlombaan ini dimaksudkan untuk mempromosikan kegiatan daur ulang dan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat Filipina. Peserta perlombaan diharuskan membuat perahu botol plastik dan menyeberangi sungai dengan perahu tersebut.

11. Botola, Brasil (2019)

Botola adalah perlombaan perahu botol plastik bekas yang diadakan di Brasil pada tahun 2019. Perlombaan ini diadakan oleh Asosiasi Pemuda São Paulo dan bertujuan untuk mempromosikan kegiatan daur ulang dan kesadaran lingkungan di kalangan masyarakat Brasil. 

12. Plastic Bottle Boat Race, Australia (2019)

Plastic Bottle Boat Race adalah perlombaan perahu botol plastik bekas yang diadakan di Australia pada tahun 2019. Perlombaan ini menarik peserta dari berbagai kalangan, mulai dari anak-anak hingga dewasa. Peserta diharuskan membuat perahu botol plastik dan membalapkan perahu tersebut di kolam renang.

Galeri Perahu Botol Plastik

This SEA LIFE boat — made of discarded plastic bottles
This SEA LIFE boat — made of discarded plastic bottles
Simida" made of 1,504 empty plastic beverage bottles to a lake for its maiden voyage at Chongqing University of Science and Technology in Southwest China
Simida by students at Chongqing University of Science and Technology in Southwest China
The race of “boats” made from discarded plastic bottles is a MTI favorite at the annual DeSoto Heritage Festival
The race of “boats” made from discarded plastic bottles is a MTI favorite at the annual DeSoto Heritage Festival
PET-bottle Boat to Aid Orphans
PET-bottle Boat to Aid Orphans
Advocate uses dumped, plastic bottles to build boat for Sydney Harbour race
Advocate uses dumped, plastic bottles to build boat for Sydney Harbour race
bottle boats in Cameroon
bottle boats in Cameroon
Catamaran Made of Plastic Soda Bottles
Catamaran Made of Plastic Soda Bottles

Demikianlah beberapa contoh perlombaan perahu botol plastik bekas yang dapat menjadi inspirasi. Semoga kegiatan ini dapat mempromosikan kesadaran lingkungan dan mengurangi jumlah sampah plastik di lingkungan.

Last updated:

10 Maret 2023

About the author

Beri Tanggapan

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Popular Post

Categories

Arsip Tulisan