Memanfaatkan limbah menjadi sesuatu yang bermanfaat adalah sebuah upaya yang baik untuk menjaga lingkungan. Salah satunya adalah dengan mengubah kaleng minuman ringan bekas menjadi kerajinan tangan yang unik dan bernilai ekonomis. Ya saya tahu, sungguh menyenangkan saat kita bisa meremas kaleng minuman ringan yang sudah kosong ada perasaan puas, tapi sayangnya kaleng softdrink hanya jadi tumpukan sampah. Namun, dengan sedikit usaha dan kreativitas, kita bisa mengubahnya menjadi bermanfaat.

Salah satu kerajinan tangan yang bisa dibuat dari pembuka kaleng minuman ringan adalah lampu hias. Pembuka kaleng minuman ringan bisa dijadikan bahan dasar lampu hias yang unik dan menarik. Banyak bentuk lampu hias yang bisa Anda buat dari pembuka kaleng softdrink ini, seperti lampu tidur, lampu meja, lampu gantung, dan masih banyak lagi. Namun, untuk membuat kerajinan ini, cukup banyak membutuhkan kaleng softdrink karena kita akan banyak sekali menggunakan pembuka kaleng minuman ringan untuk dijadikan lampu hias.

Kerajinan tangan dari pembuka kaleng minuman ringan ini juga dikenal sebagai Upcycling Pop Tabs. Selain lampu hias, masih banyak kerajinan lain yang bisa dibuat dari pembuka kaleng ini, seperti tas, gelang, anting-anting, dan lain sebagainya. Dengan berkreasi dan berinovasi, pembuka kaleng minuman ringan yang tadinya hanya menjadi sampah bisa berubah menjadi kerajinan tangan yang bernilai ekonomis.

Jadi, jika Anda ingin mencoba membuat kerajinan tangan dari pembuka kaleng minuman ringan bekas, jangan ragu untuk mencari inspirasi dan mulai berkreasi. Siapa tahu, dari sampah yang tadinya tidak berguna, Anda bisa menghasilkan karya yang indah dan bernilai ekonomis. Selain itu, dengan memanfaatkan limbah menjadi kerajinan tangan, kita juga ikut serta dalam menjaga kebersihan lingkungan dan mendorong penggunaan bahan-bahan daur ulang.

Berikut 32+ ide kreatif membuat lampu hias dari bahan pembuka kaleng minuman ringan atau yang dikenal dengan Upcycling Pop Tabs

1. Lampu meja model #1

Jika anda ingin tahu cara membuatnya bisa lihat Tutorial pada website makezine.com.  Mungkin mereka satu satunya yang saat ini memberikan panduan yang lengkap dan detail tentang pembuatan lampu hias dari pembuka kaleng softdrink ini. Lebih lengkap dibandingkan dari instructables.com.

2. Lampu meja model #2

Lampu meja ini nampak cantik jika ditempatkan di ruang tamu. Ada perpaduan antara tehnik merajut untuk membentuk pola kelopak bunga dan gaya merakit tiap keping pembuka softdrink ini.

3. Lampu meja model #3

Model lampu ini bisa dijadikan lampu meja atau berdiri. Pembuka sudah softdrink ini dibentuk mirip kuncup bunga.

4. Lampu meja model #4

Lampu meja ini juga memiliki pola yang hampir sama dengan lampu sebelumnya, yakni adanya perpaduan dengan tehnik merajut tali yang merangkai keping keping pembuka softdrink.

5. Lampu meja model #5

Pembuatan lampu meja ini sama dengan tehnik yang digunakan di lampu nomor 1. Namun disini diberikan tiang tonggak yang cukup tinggi agar cahaya lampu bisa menerangi bagian bawah lampu.

6. Lampu meja model #6

Lampu dari pembuka kaleng ini dibentuk dalam bola.

7. Lampu meja model #7

Sepertinya lampu ini cocok untuk pengganti lampu tidur, dengan kepingan dibentuk menjumpai ke bawah.

8. Lampu meja model #8

Ini variasi dari lampu nomor pertama. Hanya disini tiang lampu menggunakan kaleng soda sebagai penunjangnya.

9. Lampu meja model #9

Masih sama dengan diatas. Agar memberikan kesan yang beda, anda bisa pula mewarnai keping pembuka minuman ringan ini disesuaikan dengan tema ruangan rumah anda.

10. Lampu meja model #10

Model lampu meja klasik, dengan bentuk prima dengan sisi melengkung ke dalam.

11. Lampu meja model #11

Sebelumnya lampu meja berbentuk bola, kali ini kepingan di buat dalam bentuk kotak kubus.

12. Lampu meja model #12

Lampu meja ini sama dengan lampu nomor 3, namun model ini memiliki kelopak bunga yang dibuat seakan-akan mulai mekar.

13. Lampu meja model #13

Lampu meja ini dibuat menyerupai rantai keping-keping pembuka kaleng soda ini, yang mengait penopang atas tiap-tiap ujung rantainya.

14. Lampu berdiri model #1

Anda juga bisa membuatnya menjadi model berdiri. Disini kakinya menggunakan tripod atau quadpod ya?

15. Lampu berdiri model #2

Keping pembuka ini dibuat model kotak panjang yang diberikan agar berfungsi sebagai lampu berdiri.

16. Lampu berdiri model #3

Model lampu berdiri ini jelas menggunakan tripod sebagai kakinya.

17. Lampu tempel dinding model #1

Anda juga bisa membuatnya menjadi model lampu tempel pada dinding ruangan.

18. Lampu tempel dinding model #2

Lampu tempel ini memberikan nuansa klasik pada ruangan anda. Serta memanfaatkan pipa PVC sebagai penopang lampu.

19. Lampu gantung model #1

Anda juga bisa menjadikan nya lampu gantung. Banyak sekali model lampu gantung yang bisa anda buat.

20. Lampu gantung model #2

21. Lampu gantung model #3

22. Lampu gantung model #4

23. Lampu gantung model #5

24. Lampu gantung model #6

25. Lampu gantung model #7

26. Lampu gantung model #8

27. Lampu gantung model #9

28. Lampu gantung model #10

Lampu gantung ini dibuat seperti model buah bulat dan diberi warna untuk tiap baris lingkaran nya.

29. Lampu gantung model #11

30. Lampu gantung model #12

31. Lampu gantung model #13

32. Lampu gantung model #14

Semoga beberapa ide ini bisa memberikan inspirasi bagi anda dalam berkarya terutama pemanfaatan pembuka kaleng minuman ringan ini menjadi lampu hias. Jika anda ingin mendapatkan ide lain lampu hias seperti lampion dari botol plastik, lampu dari kepingan CD atau juga lampu gantung dari berbagai bahan yang bisa anda gunakan, silakan membaca artikel terkait.

Tagged in:

, ,