Memanfaatkan kembali barang-barang bekas yang ada di sekitar rumah kita adalah salah satu cara yang efektif untuk menjaga lingkungan dan membuat rumah lebih rapi. Terkadang, kita tidak menyadari betapa banyak ruang di rumah yang tersita karena timbunan barang bekas yang tidak terpakai. Dengan memanfaatkannya, kita juga dapat membersihkan rumah dari rongsokan dan membuatnya terlihat lebih bersih.

Kreatifitas timbul dari barang bekas 

Selain itu, memanfaatkan barang bekas juga dapat memicu kreativitas kita. Banyak hal yang bisa dilakukan dengan barang bekas, seperti mengubahnya menjadi barang baru atau memperbaiki yang rusak. Dengan sedikit imajinasi, barang bekas bisa menjadi sesuatu yang bernilai dan berfungsi kembali.

Barang bekas vs kebersihan 

Tak hanya itu, memanfaatkan barang bekas juga membantu mengurangi sampah di lingkungan. Saat kita membuang barang bekas ke tempat sampah, ia akan memakan waktu yang lama untuk terurai dan dapat mencemari lingkungan sekitar. Dengan memanfaatkannya kembali, kita membantu mengurangi jumlah sampah yang dihasilkan dan menjaga kebersihan lingkungan.

Untuk memanfaatkan barang bekas dengan lebih kreatif, terdapat banyak ide yang bisa dicoba. Misalnya, menjadikan botol bekas sebagai pot tanaman, membuat bingkai foto dari koran bekas, atau mengubah kain bekas menjadi tas. Dengan memanfaatkan barang bekas dengan cara yang kreatif, kita tidak hanya mengurangi sampah, tapi juga membuat rumah lebih indah dan penuh gaya.

Berikut 25 ide kreatif dalam memanfaatkan kembali penggunaan barang-barang bekas yang ada di sekitar kita 

1. Kursi dari ban bekas

Ban bekas yang ada bisa dijadikan kursi yang nyaman. Anda bisa tambahkan tali jaring ataupun bantalan busa pada sebagai tempat dudukannya. Tambahkan potongan ban sebagai tempat sandaran dan juga kaki kursi.

Ban bekas juga bisa dijadikan mainan ayunan buat anak-anak.

2. Aksesoris pembuka kaleng soda

Pembuka kaleng soda bisa anda buat menjadi aksesoris anting-anting yang unik. Atau bisa pula anda jadikan lampu hias dari pembuka kaleng soda ini.

3. Kitchen set dari lemari bufet 

Anda menginginkan sebuah kitchen set namun jika membeli kitchen set baru terlalu mahal. Anda bisa jadikan lemari bufet menjadi kitchen set lengkap untuk dapur anda. Anda pasti kagum melihat hasilnya.

4. Gunakan kardus sebagai penopang buku

Tambahkan tumpukan kardus pada troli roda untuk memperluas penampang troli. Dan bisa anda jadikan tempat untuk menyimpan buku-buku koleksi anda.

5. Tempat makan burung dari kaleng 

Anda suka mendengarkan kicauan burung? Buatlah tempat makan burung dari kaleng yang ada. Maka burung pun akan berdatangan di halaman rumah anda. Tidak perlu memeliharanya dalam sangkar.

6. Pipa dirangkai jadi vas bunga 

Pipa-pipa sisa bisa anda manfaatkan menjadi vas bunga yang unik. Dan anda bisa mengecatnya dengan warna favorit atau sesuaikan dengan ruangan akan menambah daya tarik pada ruangan.

7. Tempat pernak-pernik parutan.

Anda sering kehilangan aksesoris seperti anting-anting karena tercecer saat menyimpannya. Tak perlu kuatir lagi, karena dengan sedikit kreatifitas anda bisa mengubah alat pemarut sebagai tempat menggantung anting-anting anda.

8. Tas dari bahan celana jeans 

Celana jeans memiliki kain yang cukup tebal dan kuat. Sudah tidak terpakai lagi? Sayang jika tidak dimanfaatkan, anda bisa ubah menjadi tas atau juga boneka.

9. Mengubah peti menjadi lemari 

Peti biasanya hanya dijadikan tempat penyimpanan. Dan desainnya juga itu-itu saja. Anda bisa mengubahnya menjadi lemari kecil dengan menambahkan pintu kaca dan aksesoris lainnnya.

10. Pot dari teko air

Banyak sekali pot tanaman yang memanfaatkan barang-barang tidak terpakai termasuk teko tempat air ini.

11. Tas dari galon plastik 

Kami juga pernah membahas tentang tas dari pemanfaatan bahan plastik. Jika tertarik anda bisa mengunjungi tautannya.

12. Tatakan dari kumpulan tutup gabus

Punya banyak tutup gabus dari botol minuman. Jangan buru-buru anda buang. Anda bisa mengubahnya menjadi tatakan peralatan makan.

13. Meja dari papan ski

Walau di Indonesia tidak ada tempat untuk olahraga ski, namun jika anda memiliki peralatan ski, daripada menganggur anda bisa jadikan meja dan kursi.

14. Jadikan ban bekas sebagai tempat tanaman 

Pada nomor pertama telah disinggung ban bekas, kali ini ban bekas pun bisa dimanfaatkan sebagai tempat tanaman. Tambahkan cat semprot untuk membuat dekorasi agar pot tanaman dari ban bekas nampak lebih menarik. 

15. Rak dinding dari potongan meja

Dari meja yang sudah usang atau rusak bisa anda potong bagian meja untuk dijadikan rak dinding yang unik.

16. Hiasan dari bola lampu 

Masih ingat boneka pinguin dari botol plastik? Kali ini hiasan pinguin bisa pula dari bola lampu yang sudah rusak. Anda tinggal mengecatnya sesuai bentuk pinguin.

17. Ubah papan pintu jadi headboard dan footboard

Papan pintu yang tidak digunakan lagi, bisa anda manfaatkan sebagai headboard dan footboard pada tempat tidur.

18. Ubah kain jeans menjadi tempat penyimpanan gantung 

Selain memanfaatkannya menjadi tas, celana jeans bekas bisa anda jadikan tempat penyimpanan model menggantung pada dinding rumah.

19. Manfaatkan alat penggaruk sebagai tempat gelas

Mungkin agak berlebihan menjadikan alat penggaruk sebagai tempat meletakkan gelas. Namun anda bisa mencobanya.

20. Hiasan dari pelek roda

Pelek roda dengan sedikit dekorasi dan pengecatan, anda bisa jadikan hiasan tambahan pada taman anda.

21. Rak dari alat kruk

Idenya cukup simpel, menjadikan kruk alat bantu berjalan sebagai kaki penopang pada rak penyimpanan.

22. Tempat sandaran sepeda dari ban bekas

Anda memiliki banyak sepeda atau rumah anda dekat sekolah. Anda bisa membantu dengan menjadikan ban bekas sebagai tempat sandaran sepeda. Sehingga sepeda memiliki tempat parkir sendiri dan tampak rapi.

23. Mengubah tempat tidur jadi taman bunga

Mengubah tempat tidur menjadi taman mini untuk tanaman hias. Mengapa tidak anda coba? Sungguh menarik ide ini.

24. Lampu hias dari botol kaca 

Botol kaca termasuk barang yang sulit dimanfaatkan kembali. Namun dengan kreatifitas anda bisa mengubahnya menjadi lampu hias dari botol kaca. Namun wajib berhati-hati jika anda perlu memotong botol kaca ataupun mengantungkan nya.

25. Lonceng angin dari kunci bekas

Suka mendengarkan lonceng angin? Saya juga suka mendengarkan bunyi yang dihasilkan dari lonceng angin saat angin bertiup. Andapun bisa membuat nya sendiri dengan memanfaatkan kunci-kunci yang tidak terpakai sebagai lonceng angin. Tinggal tambahkan tali dan ikatkan pada kayu. Lonceng angin dari kunci bekas sudah siap menghasilkan bunyi.

Demikian 25 ide kreatif hasil pemanfaatan kembali barang-barang bekas yang ada di sekitar lingkungan kita. Semoga menginspirasi dan bermanfaat.

Tagged in:

,