Teknologi penyimpanan terus berkembang seiring waktu, CD yang dulunya menjadi media penyimpanan utama sekarang sudah digantikan dengan USB yang memiliki kapasitas lebih besar dan harga yang lebih murah. Bahkan banyak hardisk saat ini sudah memiliki kemampuan menyimpan data yang sangat besar lebih dari 1 Terabyte dan harganya pun cukup terjangkau. Dibandingkan jika harus menyimpan dalam bentuk CD/DVD. Sebagai akibatnya, banyak CD yang tidak terpakai lagi dan hanya menjadi sampah di rumah kita.

Namun, dengan sedikit kreativitas dan ide yang inovatif, kita dapat memanfaatkan CD bekas tersebut dengan cara yang lebih baik dan bermanfaat. Salah satunya adalah dengan membuat lampu dari CD bekas.

Terdapat banyak ide kreatif untuk membuat lampu dari CD bekas yang bisa dipilih, tergantung dari selera dan kreativitas masing-masing. Dengan menggabungkan beberapa CD bekas, lampu dinding atau lampu meja dapat dihasilkan. Bahkan, dengan menambahkan aksen kristal atau kaca, lampu gantung mewah dapat dibuat.

Berikut 20+ ide inspiratif lampu dari CD bekas

1. Lampu model gantung #1.

Ini dibuat dari kepingan CD yang disusun dalam 6 baris vertikal. Dan masing-masing baris terdiri 5 CD. Untuk membentuk digunakan kerangka dari kawat.

2. Lampu model gantung #2

Ini dibuat dari kepingan CD yang disusun secara saling menyilang satu sama lain. Setiap keping CD dibuat 2 lubang persegi yang berfungsi untuk menyatukan dengan kepingan CD lainnya. Untuk ukuran lampu yang dihasilkan bisa disesuaikan. Agar tidak terlepas, gunakan lem perekat atau lem tembak.

3. Lampu meja model #1.

Ini dibuat dari kepingan CD yang disusun dalam 5 baris vertikal. Dan masing-masing kepingan diberi celah. Setiap kepingan CD dibuat 4 lubang untuk memasukkan besi ulir sebagai kerangka penyangganya.

4. Lampu meja model #2

Ini dibuat dari 4 kepingan CD yang disusun membentuk kotak kubus. Untuk merekatkan masing-masing kepingan di bagian ujung yang bersentuhan diberi lem tembak.

5. Lampu model gantung #3

Ini dibuat dari kepingan CD yang disusun sedemikian rupa. Untuk besar dan ukuran disesuaikan dengan kerangka jari-jari kawat. Model ini membutuhkan tehnik pengelasan untuk membuat kerangka jari-jari kawat. Dan gunakan kawat yang kaku agar tidak melengkung.

6. Lampu model gantung #4

Ini masih sama proses pembuatannya dengan lampu nomor 5 diatas.

7. Lampu model gantung #5

Ini dibuat dari kepingan CD yang disusun dalam barisan vertikal. Untuk menghubungkan antar kepingan CD gunakan benar atau bisa tali senar. Dan susun barisan sedemikian rupa sesuai keinginan anda.

8. Lampu model gantung #6

Model ini membutuhkan kerangka besi tipis dalam bentuk kotak. Dan tempatkan kepingan CD sedemikian rupa agar menghasilkan pantulan cahaya yang menarik.

9. Lampu model gantung #7

Anda butuh memotong kepingan CD dalam bentuk segitiga. Lalu rekatkan satu sama lain seperti bentuk lampion. Minimal anda membutuhkan 20 keping CD. Jika anda tertarik dengan model lampion lain yang terbuat dari botol plastik bisa membaca artikelnya.

10. Lampu meja model #3

Model ini memiliki kesamaan dengan lampu nomor 3 diatas dari proses pembuatannya. Namun disini menggunakan hanya 3 besi ulir dan jumlah kepingan CD lebih banyak dan sedikit lebih rapat.

11. Lampu model gantung #8

Model ini membutuhkan kerangka besi yang dibuat dengan lingkaran diameter yang berbeda. Dan disusun menyerupai bola. Lalu kelingan CD direkatkan pada kerangka yang sudah dibuat sebelumnya.

12. Lampu meja model #4

Model ini memiliki struktur yang sama dengan lampu nomor 4. Namun model ini memiliki bentuk yang lebih besar dan membutuhkan kepingan CD yang lebih banyak. Minimal membutuhkan 12 kepingan CD.

13. Lampu model gantung #9

Model ini sama dengan lampu nomor 3, namun disini dipasang secara mengantungkan nya.

14. Lampu meja model #5

Untuk membuat lampu ini, anda harus terlebih dahulu memotong kepingan CD dalam bentuk segitiga. Anda nantinya butuh 24 kepingan CD dalam bentuk segitiga.

15. Lampu model gantung #10

Lampu ini memiliki model seperti jaringan CD, untuk lebar dan panjang bisa anda sesuaikan. 

16. Lampu meja model #6

Lampu meja ini butuh kerangka besi, yang dibentuk seperti tampilan diatas, dan masing-masing sisinya diberi kepingan CD.

17. Lampu model gantung #11

Masih sama dengan lampu nomor 11.

18. Lampu meja model #7

Lampu meja ini masih sama dengan nomor 3 diatas. Namun disini diberikan besi tonggak sebagai penopang lampu.

19. Lampu meja model #8

Lampu ini juga hampir sama dengan lampu nomor 12. Disini diberikan tonggak besi sebagai penopang nya.

20. Lampu model gantung #12

Lampu ini membutuhkan banyak kepingan CD yang disusun dlaam bentuk lingkaran seperti donat.

Semoga dengan menampilkan 20+ model lampu dari kepingan CD bisa memberikan inspirasi bagi anda dalam memanfaatkan CD bekas untuk dijadikan lampu. Dengan memanfaatkan CD bekas untuk membuat lampu, selain membantu mengurangi sampah rumah tangga, kita juga dapat menghasilkan barang yang unik dan kreatif. 

Tagged in:

,